loading...

Tipe Tipe Hacker

Tipe seorang peretas(Hacker)


Peretas dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori seperti WhiteHat(Topi putih) , BlackHat(Topi Hitam) , dan GreyHat(Topi Abu-Abu) ,itu pun bisa tergolong berdasarkan pada keinginan mereka(hacker) untuk meretas sistem. Istilah-istilah yang berbeda ini berasal dari Spaghetti Western, di mana orang jahat memakai topi koboi hitam dan orang baik memakai topi putih.


  • White hat hacker (Peretas Topi Putih) 

White Hat Hacker(Peretas Topi Putih)  juga dikenal sebagai Ethical Hacker(Peretasan etis). Mereka tidak pernah bermaksud merusak sistem, tetapi mereka mencoba mencari tahu kelemahan di komputer atau sistem jaringan sebagai bagian dari pengujian penetrasi dan penilaian kerentanan.

Peretasan etis tidak ilegal dan ini adalah salah satu pekerjaan yang menuntut tersedia di industri TI. Ada banyak perusahaan yang mempekerjakan peretas etis untuk pengujian penetrasi dan penilaian kerentanan.


  • Black Hat Hacker(Peretas Topi Hitam) 


Hacker Black Hat, juga dikenal sebagai cracker, mereka meretas untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem dan membahayakan operasinya atau mencuri informasi sensitif.

Peretasan Black Hat selalu ilegal karena niat buruknya termasuk mencuri data perusahaan, melanggar privasi, merusak sistem, memblokir komunikasi jaringan, dll.

  • Grey Hat Hacker(Peretas Topi Abu-Abu) 

GreyHatHacker adalah campuran dari kedua topi hitam dan peretas topi putih. Mereka bertindak tanpa maksud jahat tetapi untuk kesenangan mereka, mereka mengeksploitasi kelemahan keamanan dalam sistem komputer atau jaringan tanpa izin atau pengetahuan pemilik.
Maksud mereka adalah untuk membawa kelemahan ke perhatian pemilik dan mendapatkan penghargaan atau sedikit karunia dari pemilik.



  • Red Hat Hacker(Peretas Topi Merah) 
Peretas topi merah kembali merupakan perpaduan dari kedua topi hitam dan peretas topi putih. Mereka biasanya berada pada tingkat peretasan lembaga pemerintah, pusat informasi rahasia, dan umumnya apa pun yang termasuk dalam kategori informasi sensitif.


  • Blue Hat Hacker(Peretas Topi Biru) 

Peretas topi biru adalah seseorang di luar perusahaan konsultan keamanan komputer yang digunakan untuk menguji sistem sebelum diluncurkan. Mereka mencari celah-celah yang bisa dieksploitasi dan mencoba menutup celah-celah ini. Microsoft juga menggunakan istilah BlueHat untuk mewakili serangkaian acara pengarahan keamanan.


  • Elite Hacker(Peretas kaum atas) 

Ini adalah status sosial di antara peretas, yang digunakan untuk menggambarkan yang paling terampil. Eksploitasi yang baru ditemukan akan beredar di antara para peretas ini.


  • Green Hat Hacker(Peretas Topi Hijau) 

Green Hat Hacker(Peretas Topi Hijau)  adalah seseorang yang baru meretas atau phreaking dan hampir tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman tentang cara kerja teknologi dan peretasan.


  • Hacktivist

Hacktivist adalah peretas yang memanfaatkan teknologi untuk mengumumkan pesan sosial, ideologis, agama, atau politik. Secara umum, sebagian besar hacktivisme melibatkan perusakan situs atau serangan penolakan layanan.


  • Script kiddie

Script kiddie adalah seseorang yang menerobos sistem komputer dengan menggunakan alat otomatis pra-paket yang ditulis oleh orang lain, biasanya dengan sedikit pemahaman tentang konsep yang mendasari, maka istilah Kiddie.


  • Hacker wanna be
Dari nama saja sudah tertebak bahwa Hacker wanna be (Ingin menjadi peretas) adalah seseorang yang mengaku-ngaku menjadi seorang hacker(peretas) tujuan dari hacker wanna be sendiri ingin diakui bahwa dirinya hebat atau jagoan 


Penulis : AMRiezz

Tag : hacking, News
2 Komentar untuk "Tipe Tipe Hacker "

Gud Gann. Di sini Script kiddie Nda di hina. Di lainnya pengertian script kiddie pasti di anggap haiker yang paling hjna

Back To Top